Langsung ke konten utama

Kegunaan dan fungsi tombol pada keyboard

Assalamu'alaikum sahabat pintar, dalam pengalaman perdana menulis blog Brangkas Mahasiswa mencoba berbagi sedikit ilmu mengenai fungsi-fungsi yang ada pada keyboard komputer. Kebanyakan dari kita belum mengetahui fungsi tombol-tombol yang ada pada keyboard. Termasuk kombinasi dari tombol-tombol yang akan menghasilkan perintah tertentu masih banyak orang yang belum mengetahui.
Begitu banyak tombol yang ada pada keyboard dan begitu banyak pula fungsi dari masing-masing tombol. Selain memiliki fungsi tunggal,  tombol-tombol tersebut akan menghasilkan perintah yang berbeda jika dikombinasikan dengan tombol lainnya.
Berikut penjelasan kegunaan penekanan tombol tunggal.
F1 = banyak digunakan untuk help
F2 = rename, change volume
F3 = searching
F5 = refresh, slide show pada powerpoint
F6 = addressing
F12 = save as
Prt Scr SysRq = Print screen (men-shoot tiap tampilan yang ada di monitor)
Scroll Lock = mengunci fungsi glidder dari sebuah mouse scroll
Pause Break = mengubah kondisi komputer menjadi stand by
Tab = loncat beberapa karakter
Caps Lock = mengubah huruf menjadi huruf kapital
Shift = mengubah karakter dan mengaktifkan fungsi simbol pada kondisi tertentu
Num Lock = mengaktifkan fungsi tombol numerik di sebelah kanan pada keyboard
Home = mengembalikan posisi kursor pada awal kalimat
End = melrtakkan kursor pada posisi di akhir kalimat
Page Up/Pg Up = menaikkan layar per paragraf
Page Down/Pg Dn = menurunkan layar per paragraf
Del = menghapus per karakter dari depan
insert/ins = me-replace per karakter
Backspace = mengahapus per karakter dari belakang
Space = lompat satu karakter
arrows keys = tombol navigasi
Escape = membatalkan suatu tahap perintah
[lambang Windows] = mengaktifkan start menu
Tombol pada keyboard juga menghasilkan perintah lain jika dikombinasikan. Dalam menggunakan aplikasi Ms. Office (khususnya MS. Word), ada beberapa tombol keyboard yang mempunyai
fungsi apabila dikombinasikan diantaranya;
Ctrl+ A Select all
Ctrl+ B Bold
Ctrl+ C Copy
Ctrl+ D Font
Ctrl+ E Center alignment
Ctrl+ F Find
Ctrl+ G Go to
Ctrl+ H Replace
Ctrl+ I Italic
Ctrl+ J Justify alignment
Ctrl+ K Insert hyperlink
Ctrl+ L Left alignment
Ctrl+ M Hanging indent
Ctrl+ N New
Ctrl+ O Open
Ctrl+ P Print
Ctrl+ Q Normal style
Ctrl+ R Right alignment
Ctrl+ S Save / save as
Ctrl+ T Left indent
Ctrl+ U underline
Ctrl+ V paste
Ctrl+ W Close
Ctrl+ X Cut
Ctrl+ Y Redo
Ctrl+ Z Undo
Ctrl+ 1 Single spacing
Ctrl+ 2 Double spacing
Ctrl+ 5 1,5 spacing
Ctrl+ Esc Start menu
Alt+F4 ShutDown atau menutup program yang sedang aktif
Shift + F10 Alternatif klik kanan
[lambang Windows] + M me-minimize semua program
[lambang Windows] + Shift + M me-maximize semua program
[lambang Windows] + E membuka Windows Explorer
Ctrl + Alt + Del restart
Alt + (tiap huruf pada sistem yang karakternya bergaris bawah) menuju ke perintah yang diharapkan

Demikian sahabat pintar semoga bermanfaat.  Saran dan kritik diperlukan untuk penulisan berikutnya
Wassalamu'alaikum wr. Wb.


Baca juga : solusi tarik tunai di atm gagal proses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dari Drop Cap, Columns, Header & Foster, Clip Art dan Watermark, Page Border, smart art, Footnote dan comment

Assalamu'alaikum sahabat pintar.  Dalam kesempatan ini Brangkas Mahasiswa akan membahas beberapa fungsi atau kegunaan dari beberapa icon yang ada di ms word. Diantaranya; 1. Drop Cap Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca. Cara Membuat Drop Cap - Sorot huruf yang akan dijadikan drop cap - Klik tab Insert - Pada kelompok Text, klik tool Drop Cap. Pilih salah satu pilihan berikut : None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya. In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin. Jika pilihan yang dipilih adalah Drop Cap Options, Pada kotak pilihan Position, pilih misal D

Teknik dan panduan membuat daftar isi dengan multilevel list

Assalamualaikum sahabat pintar.  Kali ini admin akan memaparkan bagaimana cara membuat daftar isi karangan dengan mudah.  Selamat membaca. Langkah-langkah membuat daftar isi dapat dilakukan dengan;  Admin akan mencontohkan secara sederhana bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis dan cepat. dalam gambar diatas terdapat bab dan sub bab yang ingin dijadikan daftar isi. yang dimana daftar isi akan di buat pada page pertama yang kosong. Pertama-tama blok bab dan judul bab lalu klik heading 1 pada tab Home. Selanjutnya blok sub bab dari masing-masing bab lalu klik heading 2 pada tab menu.  Seterusnya pada tab reference klik table of Contents pilih Contents.  Selanjutnya edit tulisan Contents menjadi daftar isi.  Daftar isi telah selesai dibuat. Demikian sahabat pintar semoga bermanfaat.  Wassalamualaikum wr. Wb. Baca Juga: solusi tarik tunai di atm gagal proses

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dan perbedaannya

Assalamu'alaikum sahabat pintar.  Dalam kesempatan ini admin menjelaskan fungsi pada ms Exel yaitu VLOOKUP dan HLOOKUP. selamat membaca.  1. VLOOKUP Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom).  2. HLOOKUP fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris). perbedaanya terletak pada data yang ditampilkan.  VLOOKUP menampilkan data dari sebuah tabel  dalam format vertikal,  sedangkan HLOOKUP menampilkan sebuah data dari sebuah tabel yang tersusun dalam format Horizontal.  Contoh Kasus    Seorang mahasiswa PPL akan menginput data B dan data C ke data A. dia aka