Langsung ke konten utama

Pengenalan Microsoft Exel 2010. Menu dan fungsi menu ms Exel

Assalamualaikum sahabat pintar. Dalam kesempatan ini Brangkas Mahasiswa memaparkan tentang Microsoft Exel 2010. Selamat membaca.


1. MENU DAN FUNGSI PADA MS EXCEL

Title Bar
Title Bar merupakan menu yang menampilkan informasi berupa identitas program serta berkas aktif yang sedang dibuka. 

Tab Menu
Tab Menu merupakan deretan menu yang terletak pada bagian atas yang berisi instruksi yang dapat digunakan. 

Toolbar/Ribbon
Toolbar menampilkan beragam ikon yang telah dipilih oleh pabrikan atau pengguna untuk memudahkan eksekusi perintah. 

Formula Bar
Formula bar merupakan sebuah kotak yang dapat digunakan untuk memasukkan rumus yang ingin digunakan. 

 Active Cell
Active cell merupakan indikator yang menunjukkan sel yang sedang ditunjuk atau digunaka

Cell 
Cell merupakan bagian worksheet berupa kotak persegi empat. 

Column
Column merupakan kumpulan sel yang disusun secara vertikal. 

Baris
Baris merupakan kumpulan sel yang tersusun secara horizontal.

Worksheet Tab
Worksheet Tab merupakan informasi yang menunjukkan lembar kerja yang digunakan

2. TAB PADA MS EXEL 2010


Menu
Menu File di excel berisi perintah standar seperti Save (menyimpan), Save As (menympan data Baru), Open (Membuka), Close (keluar dari halaman kerja),info (informasi tentang Dokumen), Recent(kumpulan File atau Folder yang sebelumnya telah dibuka), New (Membuat Dokumen Baru), Print (mencetak) Save & Send ( menyimpan data bentuk PDF atau mengirim fille via email), help (bantuan), option (halaman Pengaturan) dan exit (keluar Dari Program).

Home
Fitur yang terdapat pada menu home diexcel antara lain terdiri dari group menu clipboard yang terdiri dari Paste, Cut, Copy dan Format Partner. Group Menu Font, alignment, style, cells dan editing. Yang berfungsi untuk mengubah bentuk tulisan, mengubah format angka, mengubah bentuk tabel dan lain-lain.

Insert
Fitur yang terdapat pada menu Insert di excel antara lain terdiri dari group menu tebels, illustrations, charts, sparklines, filter, links, text dan symbols. Diantara fitur-fitur tersebut mempunyai fungsi untuk membuat tabel, memasukan gambar ke halaman kerja, membuat grafik atau chart, membuat text , symbol matematika dan lain-lain

Page Layout
Fitur yang terdapat pada menu Page Layout di excel antara lain terdiri dari group menu themes, Page Setup, Scale To Fit, Sheet Options Dan Arrange. fitur-fitur tersebut Berfungsi untuk membuat tema pada halaman, mengatur ukuran kertas, mengatur posisi gambar dan lain-lain. 

Formulas
Fitur yang terdapat pada menu Formulas di excel antara lain terdiri dari group menu Function Librar, Defined Names, Formula Auditing Dan Calculation. fitur-fitur tersebut Berfungsi untuk memilih rumus fungsi, membuat nama pada tabel, dan lain-lain.

Data
Fitur yang terdapat pada menu Data di excel antara lain terdiri dari group menu Get External Data, Conections, Sort & Filter, Data Tools Dan Outline. Fitur-fitur tersebut Berfungsi untuk mengambil data pada access, web, menyusun data berdasarkan angka dan huruf, membuat group dan lain-lain.

Review
Fitur yang terdapat pada menu Review di excel antara lain terdiri dari group menu Proofing, Language, Comments Dan Changes Fitur-fitur tersebut Berfungsi untuk membuat komentar pada halaman, translate bahasa dan lain lain.

View
Fitur yang terdapat pada menu Review di excel antara lain terdiri dari group menu WorkBook Views, Show, Zoom, Window Dan Macros. Fitur-fitur tersebut Berfungsi untuk menampilkan tampilan seperti tampilan normal, Page Layout Dan Page Break Privew, memperbesar dan memperkecil tampilan, membuat file macro dan lain-lain.


Demikian sahabat pintar,  semoga bermanfaat.  Saran dan kritik diperlukan untuk penulisan selanjutnya. 

Wassalamu'alaikum wr. Wb. 

Baca Juga: solusi tarik tunai di atm gagal proses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi dari Drop Cap, Columns, Header & Foster, Clip Art dan Watermark, Page Border, smart art, Footnote dan comment

Assalamu'alaikum sahabat pintar.  Dalam kesempatan ini Brangkas Mahasiswa akan membahas beberapa fungsi atau kegunaan dari beberapa icon yang ada di ms word. Diantaranya; 1. Drop Cap Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca. Cara Membuat Drop Cap - Sorot huruf yang akan dijadikan drop cap - Klik tab Insert - Pada kelompok Text, klik tool Drop Cap. Pilih salah satu pilihan berikut : None, digunakan untuk megembalikan teks ke kondisi awal Dropped, digunakan untuk mengubah huruf pertama lebih besar berada dalam satu margin dibanding teks yang lainnya. In margin, digunakan untuk mengubah huruf pertama tercetak lebih besar berada di luar margin. Jika pilihan yang dipilih adalah Drop Cap Options, Pada kotak pilihan Position, pilih misal D

Teknik dan panduan membuat daftar isi dengan multilevel list

Assalamualaikum sahabat pintar.  Kali ini admin akan memaparkan bagaimana cara membuat daftar isi karangan dengan mudah.  Selamat membaca. Langkah-langkah membuat daftar isi dapat dilakukan dengan;  Admin akan mencontohkan secara sederhana bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis dan cepat. dalam gambar diatas terdapat bab dan sub bab yang ingin dijadikan daftar isi. yang dimana daftar isi akan di buat pada page pertama yang kosong. Pertama-tama blok bab dan judul bab lalu klik heading 1 pada tab Home. Selanjutnya blok sub bab dari masing-masing bab lalu klik heading 2 pada tab menu.  Seterusnya pada tab reference klik table of Contents pilih Contents.  Selanjutnya edit tulisan Contents menjadi daftar isi.  Daftar isi telah selesai dibuat. Demikian sahabat pintar semoga bermanfaat.  Wassalamualaikum wr. Wb. Baca Juga: solusi tarik tunai di atm gagal proses

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dan perbedaannya

Assalamu'alaikum sahabat pintar.  Dalam kesempatan ini admin menjelaskan fungsi pada ms Exel yaitu VLOOKUP dan HLOOKUP. selamat membaca.  1. VLOOKUP Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom).  2. HLOOKUP fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris). perbedaanya terletak pada data yang ditampilkan.  VLOOKUP menampilkan data dari sebuah tabel  dalam format vertikal,  sedangkan HLOOKUP menampilkan sebuah data dari sebuah tabel yang tersusun dalam format Horizontal.  Contoh Kasus    Seorang mahasiswa PPL akan menginput data B dan data C ke data A. dia aka